11.23.2011

Cara Install Aplikasi Android di SDcard Tanpa Root

Seperti kita ketahui bahwa Android memiliki ribuan aplikasi bagus yang menghibur dan juga berguna dalam menunjang aktivitas keseharian kita, namun terdapat kendala untuk menikmati berbagai aplikasi tersebut, terutama bagi beberapa jenis perangkat android kelas menengah ke bawah, seperti Samsung Galaxy Y, LG Optimus Me serta handphone sejenis lain yang masih sekelas dengan ukuran memori internal yang sangat minim, dengan catatan untuk kelas ini rata-rata vendor hanya memberi jatah kapasitas memori internal 200 Mb kebawah, dimana jika kapasitas memori internal terus dipaksa untuk diisi hingga hampir penuh dapat berakibat pada lambatnya respon akses perintah pada perangkat.

Untuk mengatasi hal tersebut terdapat berbagai cara untuk mengakali agar setiap aplikasi yang terinstal disimpan di memori eksternal (SDcard), salah satunya dengan menggunakan bantuan aplikasi yang dapat membuat aplikasi terinstal di SDcard seperti App2sd, namun aplikasi ini membutuhkan Root terlebih dahulu agar dapat digunakan, selain itu juga harus melakukan langkah-langkah merepotkan lain seperti backup terlebih dahulu dan resiko kehilangan garansi, untuk itu cara ini bagi sebagian orang yang masih awam maupun pengguna baru android dianggap cukup merepotkan.

Hingga kemudian saya berupaya mencari cara menginstal aplikasi ke SDcard tanpa harus melalui prosedur Root, salah satunya dengan menggunakan program SDK Android yang dapat di download secara gratis di situs Android Developer, dengan melakukan beberapa perintah dalam mode debug. Namun perlu dicatat bahwa dalam metode SDK ini tidak serta merta dapat memuat semua aplikasi tanpa batas, namun cara ini hanya mengkompresi jumlah data yang diinstal di memori internal. Pada dasarnya ada beberapa aplikasi yang pada pengaturan aplikasi dapat dipindahkan ke SDcard namun ada pula aplikasi yang tidak dapat dipindahkan, karena terhalang oleh tombol "move to sd card" yang tidak respon seperti dibawah ini.


Sehingga untuk mengubah default "move to sd card" kita menggunakan program SDK Android, berikut tutorial singkat untuk mengubahnya :

Persiapan :
1. Pastikan Driver Perangkat Android anda sudah terinstal di PC, misalnya Samsung Kies pada android Samsung, hal ini untuk memudahkan PC mengenali perangkat anda di sistem.

2. Sediakan Kabel Data untuk menghubungkan perangkat android ke PC, yang tentunya harus di set dulu ke Debug USB.
3. Instal terlebih dahulu program SDK Android dari situs Android Developer, sesuaikan dengan OS PC anda, pihak Android.Inc menyediakannya secara gratis Disini.

Langkah-Langkah :


1. Ekstrak file yang sudah di download, kemudian jalankan sdkmanager.exe (ada pada folder android-sdk-windows yang sebelumnya di ekstrak) > kemudian pilih komponen yang akan diinstall, terdapat banyak komponen namun cukup install 4 komponen utama dengan nama Android SDK Tools, Android SDK Platform Tools, SDK Platform Android 2.2 (sesuaikan dengan versi android anda) serta sample for SDK API 8, sehingga ketika proses instalasi yang mengharuskan kita mendownload komponen tersebut selesai akan terlihat seperti di bawah ini.


2. Setelah SDK Manager selesai dipasang, kemudian buka Command Prompt pada Windows (untuk masuk ke Command Prompt, klik Start - All Programs - Accessories - Command Prompt), hal ini dilakukan untuk memasuki folder platform tools pada SDK Manager,
Kemudian ketik perintah berikut pada command prompt,
- Ketik D: (note : sesuaikan dengan partisi hardisk tempat anda menginstal SDK, saya sendiri menginstallnya langsung di Partisi D), hingga kemudian dibawahnya muncul D:\>
- Kemudian ketik lagi D:\>CD\android-sdk\platform-tools, hingga akhirnya muncul dibawahnya D:\>CD\android-sdk\platform-tools>


- Setelah itu masuk ke Cmd.exe pada Windows (klik C:\Windows\system32\cmd.exe) dan ketik perintah adb devices untuk memastikan bahwa perangkat android telah benar-benar terhubung, jika telah terhubung akan tampak seperti dibawah ini


- Kemudian masih pada program Cmd.exe, ketik perintah adb shell pm setInstallLocation 2 (perhatikan caps lock), yang merupakan langkah akhir yang akan mengganti default penyimpanan aplikasi terinstal ke memori eksternal (SDcard).


Setelah proses selesai maka aplikasi yang sebelumnya tidak dapat di pindah ke SDcard karena tombol tidak aktif tadi akan menjadi aktif, seperti di bawah ini.

Hasilnya ketika kita menginstall aplikasi maka sebagian besar data aplikasi akan otomatis dipindah ke SDcard, misalnya game NFS Shift ketika datanya berada di memori internal akan memakan kapasitas sebesar hampir 40mb, namun ketika dipindah ke SDcard hanya akan memakan kapasitas kurang dari 500kb, sehingga memori internal menjadi lebih lega, tanpa harus melakukan Root dengan resiko kehilangan garansi pabrik.

Selamat Mencoba.

Credit to Ghoest on Kaskus for this useful tutorial.

64 komentar:

aldykatoku mengatakan...

ini work gak gan?

susah banget ngetes nya...

aldykatoku mengatakan...

ini work gak gan?

susah banget ngetes nya...

Bondut mengatakan...

work gimana? saya uda test di galaxy gio gingerbread. lancar-lancar aja.

agan make device apaan?

Anonim mengatakan...

sudah coba Gan...tapi pada menu folder android-sdk gak ada folder platforms-tools...yang ada platforms sendiri dan tools sendiri...mohon pencerahan Gan..

Anonim mengatakan...

ndak bs dibuka gan , tdk suport java suruh instal JDK pi yg 32 bit nggak ada...
gimana solusi gan

Anonim mengatakan...

work g y di xperia xplay?

Bondut mengatakan...

@ anonim 1 : kok bisa gak ada gan folder platforms-tools, agan pas gak ambil specs nya buat komputer pas download dari situs SDK?

@ anonim 2 : loh kok ke java2 gan? setelah download file utama SDK bentuk kompres, yang perlu di download cuma yang yang 3 utama di screen shot diatas aja.

@ anonim 3 : dicoba aja gan, toh juga gak ada efek ke perangkat secara kseluruhan, karena yang di bedah cuma default installation aja.

Butong mengatakan...

Nah kalau android nya tdk ada usb nya gimana bro ? yg ada 3G, Wifi dan bluetooth doang. Android 2.2 nya Head unit (baca:tape mobil) ? ada solusi nggak gan ?

alief syahru mengatakan...

ijin kopas ya gan... thanx

Anonim mengatakan...

langkah trakhirnya ga bisa gan...di windows\system 32\cmd .exe nya gimana caranya gan saya cb malah recognize
mohon di perjelas tuk langkah2 terakhirnya gan..

Bondut mengatakan...

biasanya perangkat gak yang kedetek itu karena driver android agan belum diinstal, kalo samsung namanya Kies, coba di install dulu drivernya, sebelumnya ane juga ngalamin hal sama.

djank mengatakan...

kies udah saya instal jg gan,apa kies jg hrs diaktifin dl gan.saya ga ngerti pas yang di cmd.exe yang diwindows gimana langkah2nya gan,waktu saya cb recognize terus

Bondut mengatakan...

hmm, coba saja kies dan cmd dijalankan secara bersamaan, ada beberapa kemungkinan lain, pertama kies gak cocok, kabel data gak kompatibel, sehingga ketika pas di colokin ke komputer hanya akan terlihat tanda pengisian baterai, sedangkan mode penyimpanan usb dan debug tidak terlihat.

itu solusi akhir gan menurut saya. semoga terbantu. :)

Anonim mengatakan...

ini bisa dipakai di live walkman ga gan

Anonim mengatakan...

yang perintah untk tau device-nya "adb device" g bs menampilkan device android yg sudah terhubung..

Anonim mengatakan...

mo nanya bisa di android 2.1 gk?
saya pakai xperia x8

Bondut mengatakan...

iya seharusnya bisa gan. :)

Anonim mengatakan...

makasih info nya gan...
Note : Bagi yang belum bisa konek.. Coba di check USB debuggingnya dah on pa belum?? (setting-applications-development) USB debuggingnya harus konek dulu mas bro...

-rahab plato-

Anonim mengatakan...

thank berhasil gan...
cueking yg bagian - Setelah itu masuk ke Cmd.exe pada Windows (klik C:\Windows\system32\cmd.exe) -
Kan dah terbuka waktu ngetik bagian ini: D:\>CD\android-sdk\platform-tools> jadi tdak prlu di buka lagi, intinya Command Prompt dan cmd.exe itu sama.

cuman trik ini masih ada beberapa aplikasi yg mash tdk bisa di pindah spt YM. quick office gmail, email...apa benar demikian?

Anonim mengatakan...

mohon sedikit pencerahan bang,,
saya sudah ikutin prosedur dari awal sampe akhir,,
cuman masalahx pas yg "adb shell .....Location 2"
pas saya 'enter'
ada kata sprt ini "setIntallLocation: permission denied"

mohon dibantu
terima kasih sebelumnya ! :)

ovan mengatakan...

Udah saya coba sama persis seperti diatas mas, tapi masih gak muncul menu move to sd. malah sekarang kalo update aplikasi gak bisa, selalu muncul insufficient storage.

Tapi setelah saya kembalikan lagi ke adb shell pm setInstallLocation 1 (kembali ke internal storage) bisa update lagi.

PTC TERBAIK mengatakan...

Thank'z ats sharex sob. .. ^_^
Lancar ga di Samsung Galaxy Y

Anonim mengatakan...

klo tipe androi sy 2.3.5 truz pihannya cuma 2.3.3...apa bsa plih yg itu??

rangga darmawan mengatakan...

Nice Info gan... gue berhasil

@anonim bisa ko gan ane juga 2.3.

rangga darmawan mengatakan...

@anonim bisa ko gan punya ane juga 2.3.6 pake yang 2.3.3

Yudi A mengatakan...

Caranya kayaknya sama dengan link ini ya?
http://harrieblog.wordpress.com/2012/06/08/memindahkan-aplikasi-android-ke-sd-card-tanpa-root/#comment-445

rangga darmawan mengatakan...

gimana cara balikin lagi ke settingan semula

Moko mengatakan...

Terima kasih berbagi ilmunya... sudah saya praktekkan dan berhasil! sip! nuwun mas

Yudie Siswanto mengatakan...

mas bro mau tanya nih

Deksyifa mengatakan...

gan, di lgkh 1, kita d'suruh install 4 komponen itu kan? kalo uda hasilnya kaya yg d'screenshot, loh tp knapa punya saya egk ya ?
trus pas uda slesai, kita buka Command Prompt kan?? nah Command Prompt itu ga ada d'aksesoris -_-"
itu jdnya gimana ya gan ?? mohon bantuan..

adi mengatakan...

gak ngaruh tuh di galaxy note 2?gimana nih gan..tetep aja kagak bisa pindah file aplikasi ke sd?any solution gan?

Shinbey mengatakan...

galaxy note 2 memori internalnya dah besar kale, jadi saya kira gag perlu pake cara ini

blizz mengatakan...

Bwt galaxy note ii gmn gan,memory internal ane udh ampe full

azhar faturohman mengatakan...

kalo mau mau install game apk+sd data tanpa di root bisa ga ?

Anonim mengatakan...

ini bisa diterapkan di xperia J gk gan soal nya di xperia J SD card itu yg di baca internal memory bkn nya eksternal soal nya internal memory kan 4GB

Obat Kuat Herbal Alami mengatakan...

mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi yang menarik adalah merupakan kebahagiaan tersendiri.... teruslah berbagi informasi

Anonim mengatakan...

untuk Xperia J bagaimana ya ? Pake aplikasi app2SD bisanya cuma ke internal aja. gak ada ke SD Card.

Anonim mengatakan...

ane udh berhasil ampe tahap terakhir..
cuman pas di liat di aplikasi info ttep gak nongol bwt move to SD..

Anonim mengatakan...

it's work gan...
ganteng!!

Anonim mengatakan...

agan ini juga bisa dipake buat smsung glxy y gk,,mhn bantuannya

alexandre christie mengatakan...

makasih banyak gan infonya
tutorial yg bermanfaat
akhirnya bisa juga

Anonim mengatakan...

gan saya udah install sdk nya, tp pas dicommand prompt setelah mengetik D:\>CD\android-sdk\platfrom-tools kok mlah muncul the system cannot find the path specified
itu knapa ya,mhon bntuannya

tini mengatakan...

boleh tau ga , driver untuk MITO T 970 bisa di download di mana ya?

Anonim mengatakan...

oh ya kalo android versi 4 keatas :
command nya : adb shell pm set-install-location 2
kalau mau balikin ke semula
commandnya : adb shell pm set-install-location 0
kalo mito coba deh driver ini : http://adbdriver.com/downloads/

* 0 = auto (sistem yang pilih lokasi nya)
1 = internal
2 = eksternal

Anonim mengatakan...

min cara menyimpan aplikasi di file gmna, terus kalo kita mau instal tinggal instal aja tanpa internet gmna???

Anonim mengatakan...

thanks gan berhasil :) tapi kog perubahan spacenya gak terlalu gedhe ya...

Hanif Arga Suryana mengatakan...

Gan tolong beri tutorial nya untuk versi jelly bean 4.1.2, punya saya galaxy grand thanks

febrianata uswantara mukti mengatakan...

hehe, numpang tanya. di G Y aman ga gan???

Anonim mengatakan...

kalo gak ada tombol move to sd card disebelah tombol clear data tetep bisa gak gan? soalnya di android 4.1.2 gak ada tombol move to sd cardnya.

Muhammad idris mengatakan...

mantap gan..

Annisa Eka Listya mengatakan...

saya udah coba sampe tahap installLocation 2.. tp setelah itu muncul tulisan devices not found.. bisa tolong dibantu ?

Nicky Styiloe mengatakan...

Klo d ipon i7s bs gk

Anonim mengatakan...

untuk lenovo A60+ bagaimana caranya...

dkaekas mengatakan...

instal sdk di leptop juga sudah gabisa. gimana ya? help :(

Alat Bekam mengatakan...

ditunggu info terbarunya, sudah gak bisa..!!
(Jual Alat BEKAM)

Anonim mengatakan...

Terima kasih atas informasinya.. Berguna sekali..
walau pun masih ada beberapa aplikasi yang masih tidak bisa dipindah..

Anonim mengatakan...

Makasih ya gan infonya. Lengkap juga. Jadi nyaman bacanya
Jangan lupa kunjungi blog saya di: blogdesigngue.blogspot.com

naufallica mengatakan...

untuk android 4.1.2 jelly bean, soalnya di tab 2 ngga ada tombolnya move to sd
di imo z9 ngga kebaca sd cardnya adanya tombol pindah ke penyimpanan usb = internal , mohon pencerahannya
sama cara overclock speed

Aufa Rofino mengatakan...

Thank'z banget gan, working 100%

Abang Masri mengatakan...

bisa g dijalankan di mito t970....??

Anonim mengatakan...

Bisa ga di jalankan di lenovo A800?

Anonim mengatakan...

mksh gan,,
cm sayangnya aplikasi BBM ga bisa di move :(

Penablog mengatakan...

berhasil gan, makasih :) jadi ramping lagi deh internal memory saya

Tifani R. Destianty mengatakan...

Kalau untuk oppo drivernya apa ya? Mohon dijawab, terimakasih.

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons