11.14.2011

Komutta - Jurus Ampuh Menjelajah Jakarta

Anda pendatang baru di Ibu Kota? Orang Jakarta tapi belum hapal dengan rumitnya koridor transit Busway? atau Anda pengguna kereta api yang butuh jadwal rutin kereta api?
Jika salah satu dari pertanyaan diatas terjadi pada anda, seperti aplikasi yang satu ini dapat menjadi solusinya.

Komutta (frasa penyebutan dari Commuter) adalah konten android lokal yang dapat memudahkan mobilisasi perjalanan kita di sekitar Jakarta, aplikasi dikembangkan oleh developer lokal yang bernama mreunion-labs (sebuah apresiasi besar bagi developer ini), dimana aplikasi ini dapat menjadi guide, terutama bagi rekan yang masih awam dengan Jakarta untuk mejelajahi rumit dan semrawutnya Ibu Kota dengan angkutan umum.

Komutta sendiri memiliki 4 menu utama yang dapat memudahkan kita keliling-keliling Jakarta, yaitu :

1. Trans Jakarta Route : fitur yang dapat memandu kita menggunakan Trans Jakarta (Busway), dengan menuntun kita dari satu halte ke halte lain berikut tempat transit dan nomor koridornya, selain itu juga dilengkapi dengan offline map yang akan menuntun kita ke halte yang kita, jadi tak perlu khawatir nyasar ketika naik busway.

2. Train Schedule : fitur ini berisi jadwal kereta api di Jakarta dan beberapa kota satelitnya, dimana ketika kita memilih stasiun tempat kita berada akan ditampilkan jadwal jam kereta api berikutnya yang akan lewat dari stasiun tersebut, baik itu Ekonomi, Ekonomi AC maupun Ekspres. Saya pribadi beberapa kali pernah mencoba keakuratan jadwal di Komutta ini, beberapa kali tepat dan seringkali meleset, penyebab melesetnya sudah jelas, yaitu jadwal kereta yang suka ngaret diluar jadwal resmi dengan berbagai alasan tertentu, penyakit buruk lama yang tak pernah hilang dari sistem kereta api kita.

3. Call Taxi : fitur ini sangat simple, hanya berisi list puluhan operator taxi di Jakarta berikut nomor teleponnya yang akan memudahkan kita untuk memanggil taxi jika dalam keadaan darurat tertentu.

4. Patas AC Route : di fitur ini berisi daftar Patas AC di Jakarta, yang dikategorikan berdasarkan Nomor Bus dengan Lokasi, misalnya jika anda berada di Ciputat maka dengan mengambil Ciputat pada kolom Lokasi akan segera ditampilkan semua Patas AC yang lewat dari Ciputat berikut rute jalan Patas tersebut, saya pribadi merasa agak kurang efisien dengan teknik pencarian seperti ini, tapi fitur ini sudah lumayan membantu.

Secara keseluruhan Komutta sangat membantu bagi kelancaran perjalanan kita, khususnya bagi pengguna angkutan umum, namun saya punya saran jika pada versi berikutnya dimasukkan fitur Call Ojek yang lagi ngetren saat ini.

[Update!]

Komutta 0.7.4 telah dirilis, terdapat penambahan yang signifikan dibanding versi 0.5.1, salah satunya adalah engine baru, dukungan pada sistem jadwal line commuter yang baru, dukungan pada App2sd, penambahan 482 nomor angkot dan rutenya pada fitur angkot, CCTV layanan busway, serta perbaikan berbagai bug.

KOMUTTA 0.5.1 --- DIRECT INSTALL HERE

KOMUTTA 0.7.4 --- DIRECT INSTALL HERE


Compatibility Specs : Android Cupcake 1.5 keatas

Selamat Mencoba.

Password Link Download : artzoneplus

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons